You Becoming You - melukisslide

You Becoming You

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah menemani anak saya yang masih kecil menonton ulang film Kung Fu Panda 3. Ada 3 kata pula yang kemudian saya ambil menjadi judul dari tulisan ini, yaitu “You Becoming You”.

Ketika menyaksikannya filmnya untuk pertama kali, saya cuma menikmati suguhan filmnya saja. Menikmati tampilan gambar-gambarnya yang apik. Tapi di hari itu, semenjak scene awal dimainkan, rupanya saya baru menyadari kalau ada begitu banyak pelajaran yang bisa dipetik menjadi hikmah.

Salah satunya adalah, ungkapan kalimat inspiratif seperti yang diucapkan Master Shifu kepada Panda.

“Aku tidak akan berusaha mengubah dirimu untuk menjadi seperti diriku. Tapi aku akan membuatmu menjadi dirimu.”

You becoming you, membentukmu dan menjadikanmu untuk menjadi dirimu sendiri.

Ketika the Dragon Warrior atau the big Panda naik kelas menjadi guru yang mengajarkan ilmu kung fu, kehebatan kung fu nya seolah tak nampak lagi. Tak sejalan dengan apa yang ia lakukan dalam mengajarkan kung fu kepada 5 orang sahabat yang menjadi murid-muridnya.

Panda memang hebat dan ilmunya tak terkalahkan. Tapi untuk mengajarkan kung fu, ilmunya belepotan. Ia mengajar hanya sesuai keinginan dirinya dan untuk bisa menjadi seperti dirinya.

Apa yang dipraktekkan di kelasnya membuat suasana latihan kacau balau. Kelima sahabat hebatnya yang juga sudah jago kung fu, yaitu Tigress, Monkey, Viper, Mantis dan Crane, tak merasakan manfaat dari apa yang diajarkan oleh Panda.

Hingga kemudian, the great big Panda menjadi merasa kecil hati dan tak berguna.
Di saat itulah the wise guru, Master Shifu memberikannya seuntai nasehat. Sesuatu yang kemudian mampu mengubah cara pandang Panda dalam mengajarkan kung fu.

Seperti halnya bagi Anda, saya dan kita semua yang menjadi guru atau trainer yang mengajarkan suatu pelajaran pada yang lainnya.

Seperti apa sikap, metode dan pembelajaran yang kita lakukan dan berikan di kelasnya?
Kadangkala, mereka yang hadir di kelas training kita tidak saja mereka yang masih baru, namun ada juga yang sudah menjadi guru. Kehadiran kita sebagai orang yang ditunggu, bukanlah untuk mengubah mereka menjadi seperti baru sesuai apa yang kita mau.
Melainkan, bagaimana mereka bisa menjadi sesuatu, yang itu sesuai dengan potensi yang ada pada dirinya.

Apa yang kita ajarkan bukanlah untuk memasangkan sepatu kita di kaki mereka. Tapi tentang bagaimana mereka pada akhirnya bisa menemukan sepatu yang tepat, yang pada akhirnya akan mampu memberi impact yang dahsyat.

“Be who you are. If you try to sound like everyone else you will disappear into the background.” – Andrea Stenberg

Salam,
ASL

6 thoughts on “You Becoming You”

  1. Thank you bang andy, sangat memotivasi saya untuk semakin menghargai setiap upaya yang dilakukan.. Berusaha melakukan yang terbaik.. Selalu yakin bahwa hasil tidak akan mengkhianati proses

  2. 05.04.2021 / 22 Sya’ban 1442H
    Soma Manis / Senen Legi

    Ikut komunitas mu Bang ASL dengan trade mark “MSDH” apalagi yang Advance Class sangat menyenangkan, menguntungkan, bertambah ilmu, iman dan kawan. Awalnya hanyalah sekedar hobi namun banyak kawanku yang sudah terbuka rezeki melalui komunitas ini, melemaskan jari mengais rejeki, mengasah kapak ketrampilan berakhir dengan berbagi ilmu dan pengalaman.
    Terima kasih Bang Andy @melukisslide kami sebut Suhu / The Grand Master of Presentation Designer with Powerpoint tentunya… salam sehat buat Bang Andy barakallah fii umrik, barakallah fii rizki, barakallah fii afiat, barakallah fii dunya wal akhirah, amiinnn

  3. “Be who you are. If you try to sound like everyone else you will disappear into the background.” – Andrea Stenberg

    this statement is really hits me hard.

  4. Ratna Sari Dewi

    Masya Allah…. Ini pelajaran penting buat siapapun yang jadi guru. Termasuk saya. Terima kasih Bang Andy

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *