Konten Dulu Baru Visual

“Konten mendahului desain. Tanpa konten, maka tak akan lahir desain, melainkan hanya sebatas dekorasi.” – Jeffrey Zeldman

Apa langkah pertama yang Anda lakukan, ketika akan mendesain slide presentasi?

Apakah dengan mengambil laptop, buka aplikasi presentasi, lalu langsung membuat materinya slide per slide…???

Ataukah…dengan cara menuliskan materinya terlebih dahulu untuk tiap slidenya, lalu setelah lengkap, mulai mendesain sesuai juga dengan tema yang telah ditentukan.

Konten dulu guys, baru kemudian desainnya.

Design slide presentasi tak akan menjadi maksimal, ketika langsung dibuat tanpa memperhatikan tema dan alur atau sistematika dari materinya. Konten dari slide presentasi bisa berupa isi materinya dan juga fitur yang digunakan untuk mempercantik tampilan slidenya.

Konten adalah dagingnya presentasi Anda. Sesuatu yang Anda hidangkan bagi orang lain. Dihidangkan dengan sajian terindah, yang dibalut dalam rangkaian desain slide presentasi yang mampu menggugah selera.

Konten atau isi dari materi Anda, antara lain mencakup beragam hal yang dimulai dari pembukaan, hingga ke sesi penutup. Isi dari konten yang akan kita desain, setidaknya mencakup hal-hal seperti tersebut di bawah ini, yaitu:

1. Hal apa yang menjadikan materi Anda layak untuk disimak orang lain?

2. Apa tujuan dari materi yang Anda bawakan? Ingin dibawa ke mana audiens yang mendengarkan pemaparan Anda.

3. Kegelisahan seperti apa yang bisa Anda hadirkan pada diri audiens. Atau, harapan apa yang bisa Anda berikan pada mereka yang telah hadir di kelas online atau kelas offline Anda?

4. Lalu, bagaimana audiens bisa mengaplikasikan atau menjalankan ide yang Anda sampaikan, untuk bisa meraih tujuan yang diharapkan. Apa langkah-langkah atau cara untuk bisa melakukan eksekusi atas ide, konsep atau gagasan yang Anda sampaikan?

5. Akan seperti apa Anda mengakhiri sesi presentasinya?

Kira-kira seperti itu desain isi materi yang perlu Anda bangun terlebih dahulu, sebelum kemudian membangun bagian yang lainnya, yaitu desain visual dari slide presentasinya.

Tanpa konten materi, Anda tak bisa punya bahan untuk presentasi. Tanpa materi yang didesain secara sistematis alurnya, Anda hanya akan menjadikan audiens mencari jejak, tentang apa sebenarnya pesan yang tengah Anda kemukakan.

Konten yang jelas dan sistematis, akan bisa menjadi sebuah daya gugah, untuk menggugah audiens agar pada akhirnya bisa tergugah dalam mengikuti pesan yang Anda sampaikan.

“THE GOAL OF PRESENTATION IS TO COMMUNICATE AN IDEA. People forgive bad design for a good message. But good design will never compensate boring message.” – Dave Talas

Salam,
ASL

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *